Jumat, 31 Mei 2013

Apa yang anda pikirka tentang ini?







Fungsi Tool Pada Corel Draw

Fungsi Tool Pada Corel Draw

CorelDRAW X3 adalah aplikasi design grafis berbasis vektor untuk membuat beberapa design seperti kartu nama, logo, kalender, poster, dan lain-lain. Dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008.

Banyak tool-tool yang dapat dengan mudah kita gunakan untuk mendukung proses pembuatan design yang kita inginkan. Untuk lebih memahami fungsi dari tool-tool yang disediakan, mari kita cari tahu dan kita pahami.

Fungsi  tool (CorelDRAW X3)  antara lain :

   1. Pick Tool
      Untuk menyeleksi, mengubah ukuran, dan juga memutar arah objek gambar.
   2. Shape Edit
          * Shape : Menyunting bentuk objek gambar.
          * Smudge Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
          * Roughen Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan outline bentuk gambar dengan menarik garis tepinya.
          * Free Transform Tools : Mengubah objek gambar menggunakan rotasi(pemutaran posisi) bebas, rotasi sudut, mengubah ukuran dan, dan juga memiringkan bentuk gambar.
   3. Crop Tool
          * Crop : Menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
          * Knife : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
          * Erase : Menghapus area dalam gambar.
          * Virtual Segment Delete : Menghapus suatu bagian objek yang berada dalam persinggungan(interseksi).
   4. Zoom
          * Zoom : Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
          * Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
   5. Curve
          * Freehand : Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis tunggal.
          * Bezier : Menggambar kurva dalam bentuk garis tunggal per titik (node).
          * Artistic Media Tool : Memunculkan fungsi pembuat bentuk(pena), seperti brush(efek kuas dengan pola pulasan tertentu), Sprayer(efek cat semprot), Calligraphic(efek pena kaligrafi), dan Pressure(efek pena teknik yang akan membentuk garis tepi tanpa lengkung).
          * Pen : Menggambar kurva dalam sebuah segmen pertitik(node).
          * Polyline : Menggambar garis dan kurva dalam modus preview.
          * 3 Point Curve : Menggambar kurva dengan menentukan titik awal dan akhir, lalu titik pusat kurva.
          * Interactive Connector : Menggabungkan dua objek dengan sebuah garis.
          * Dimension : Menggambar garis secara vertical, horizontal, bersudut, dan miring.
   6. Smart Tools
          * Smart Fill : Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu mengisikannya dengan warna atau tekstur.
          * Smart Drawing : Untuk mengubah coretan pointer yang anda gambar ke bentuk dasar atau bentuk yang wujudnya lebih halus.
   7. Rectangle
          * Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak.
          * 3 Point Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per titik.
   8. Ellipse
          * Ellipse : Untuk menggambar elips dengan lingkaran.
          * Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
   9. Object
          * Polygon : Untuk membentuk polygon dan bintang secara simetris.
          * Star : Untuk membentuk bintang.
          * Complex Star : Untuk membentuk bintang dengan bentuk yang lebih kompleks dengan persinggungan sudut.
          * Graph Paper : Untuk membentuk serupa tabel atau susunan kotak-kotak seperti pada kertas gambar teknik.
          * Spiral : Untuk membentuk spiral(per) secara simetris dan logaritmis.
  10. Perfect Shapes
          * Basic Shapes : Menyediakan aneka bentuk jadi seperti segidelapan, smiley face, hingga segitiga.
          * Arrow Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah dengan aneka variasi bentuk, arah, dan jumlah kepala panah.
          * Flowchart Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk flowchart(bagan).
          * Banner Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk pita dan symbol ledakan.
          * Callout : Untuk memudahkan menggambar bentuk balon bicara dan label.
  11. Text Tool
      Untuk membuat teks langsung di area gambar baik yang berfungsi sebagai teks artistic maupun keterangan.
  12. Interactive Tools
          * Interactive Blend : Untuk membentuk segi dan kotak
          * Interactive Contour : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per tit
          * Interactive Distortion : Untuk mendistorsi objek secara push/pull, zipper, dan twister.
          * Interactive Drop Shadow : Untuk menyisipkan bayangan ke dalam objek.
          * Interactive Envelope : Untuk mengubah bentuk objek dengan menarik titik(node) pada outline.
          * Interactive Extrude : Untuk membentuk ilusi kedalaman pada objek.
          * Interactive Transparency : Untuk menyisipkan efek transparan pada objek.
  13. Eyedropper
          * Eyedropper : Untuk menyeleksi dan menyalin property yang terkait  dari sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek.
          * Paintbucket : Untuk menerapkan property yang terkait dari sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek; yang diambil lewat eyedropper tool, ke objek lainnya.
  14. Outline
          * Outline Pen Dialog : Untuk mengakses boks dialog outline pen.
          * Outline Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan warna outline.
          * No Outline : Untuk menghilangkan outline dari sebuah objek.
          * ½ Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
          * 1 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
          * 2 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 2 point.
          * 8 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 8 point.
          * 16 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 16 point.
          * 24 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 24 point.
          * Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
  15. Fill Tools
          * Fill Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan cat(pengisi bagian dalam objek) dari sebuah objek.
          * Fountain Fill Dialog : Untuk  mengakses boks dialog pengisi warna dan gradasi ke dalam objek.
          * Pattern Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi pola ke dalam objek.
          * Texture Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi tekstur ke dalam objek.
          * Post Script Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi gambar post-script ke dalam objek.
          * No Dialog : Untuk menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
          * Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
  16. Interactive Fill
          * Interactive Fill : Untuk mengisi aneka fill(pengisi objek) ke dalam sebuah objek.
          * Interactive Mesh : Untuk menerapkan garis-garis jejaring pada objek.

Sun, 13 Dec 2009 @11:55
Tags: fungsi tool pada corel draw

Hacker Diduga Berhasil Mencuri 22 Juta Data Pengguna Yahoo Jepang

Yahoo Jepang menduga telah ada aksi pencurian data pribadi pengguna dari server miliknya oleh hacker. Dugaan tersebut dikemukakan setelah ditemukan adanya percobaan akses secara ilegal ke sistem administratif web portal Yahoo Jepang.

Percobaan akses ilegal tersebut pun dilaporkan telah terjadi pada pukul 9 malam waktu setempat. Data yang berhasil dicuri tersebut tidak termasuk password serta data penting yang digunakan untuk melakukan verifikasi dalam rangka mereset password.

Dikutip dari ZDnet, pihak Yahoo Jepang telah mengecek sistem miliknya dan telah ditemukan adanya jejak akses ilegal. Hal ini bukanlah yang pertama kalinya menimpa Yahoo Jepang. Sebelumnya, dalam laporan Kyodo News, pada bulan April telah terjadi kejadian serupa dan terdapat sekitar 1.27 akun yang berhasil dicuri. Informasi yang dicuri tersebut antara lain berupa nama ID, alamat email serta password.

BlackBerry Luncurkan BBM (BlackBerry Messenger) untuk Platform iOS dan Android serta BBM Channel Author Baihaki, 15 May 2013

Keberadaan aplikasi messenger multiplatform benar-benar menjadi ancaman serius bagi BlackBerry. Dan untuk menghadapi ancaman tersebut, kini mereka pun menyediakan aplikasi BlackBerry Messenger gratis untuk platform Android dan iOS tepatnya pada musim semi yang akan dimulai akhir Juni nanti.

Langkah ini tentu saja cukup mengejutkan. Terlebih sebelumnya memang pernah terkuak rumor serupa. Namun rumor tersebut kemudian ditepis dan akhirnya hilang. Namun langkah ini cukup rasional, hal ini dilakukan agar BBM mampu bersaing dengan aplikasi messenger lainnya.

Selain itu, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengatakan bahwa aplikasi BBM bakal tidak hanya menjadi sebuah aplikasi messenger. Sejalan dengan penyediaan multiplatform, aplikasi BBM juga bakal didukung dengan fitur lainnya.

Dalam acara Annual BlackBerry Live 2013, Heins mengatakan bahwa fitur-fitur yang akan dihadirkan antara lain adalah voice talk, screenshare, video call serta channel. Fitur-fitur tersebut pun akan mereka hadirkan secara berkala dengan update yang mereka berikan.

Aplikasi BBM ini sendiri bisa digunakan untuk iOS versi 6.0. Sedangkan requirement untuk platform Android adalah versi Android Ice Cream Sandwich.

Fitur yang akan bisa dinikmati oleh pengguna Android dan iOS:
The immediacy of BBM chats
Multi-person chats
Voice note sharing
BlackBerry Groups, where BBM users are able to set up groups of up to 30 people and share calendar, photos, files and more
Selain itu Blackberry meluncurkan BBM Channel yang merupakan “new social engagement platform within BBM that will allow customers to connect with the businesses, brands, celebrities and groups they are passionate about”.
BlackBerry akan menambahkan dukungan BBM Channels juga voice dan video chatting untuk iOS serta Android nantinya pada tahun 2013 juga.

Penemuan Remaja Wanita Ini Memungkinkan Charge Ponsel dalam Hitungan Detik!

cara Intel International Science and Engineering Fair berakhir sudah dan menghasilkan 3 orang pemenang di mana pemenang keduanya seorang wanita bernama Eesha Khare berumur 18 tahun berhasil menemukan perangkat kecil yang bisa menyimpan daya dan bisa dicharge hanya dalam waktu 20-30 detik. Ukuran perangkat buatannya berukuran kecil sehingga cukup untuk digunakan dalam ponsel.

Selain kemampuan charge yang sangat cepat, perangkat buatannya juga bisa dicharge kurang lebih 10.000 kali di mana batere konvensional lain pada umumnya hanya sekitar 1000 charge. Perangkat buatannya dia namakan supercapacitor juga fleksibel sehingga bisa digunakan di layar rollup, baju dan bahan seperti kain.

Kejengkelannya pada batere ponsel yang cepat habis dan lama saat proses charge mendorong dia untuk menemukan batere yang bisa dicharge sangat cepat dan penemuannya memang berpotensi dikembangkan lebih jauh seperti pada batere mobil listrik.

Penemuannya ini menjadikan Eesha Khare dari Saratoga, California ini memboyong hadiah beasiswa sebesar 50 ribu USD dari Intel. Selamat yah Eesha, kami menunggu hasil “batere ponsel yang bisa dicharge ga sampai 1 menit” hasil pengembangan penemuan kamu neh di Indonesia ;D

TechJet Dragonfly, Robot Capung unik yang Bisa Dikontrol Melalui Smartphone dan Komputer

Sebuah robot unik bernama TechJet Dragonfly baru saja diperkenalkan oleh para peneliti dari Georgia Institute of Technology. Robot yang memiliki ukuran sebesar genggaman tangan tersebut pun memiliki fungsi untuk fotografi udara, gaming serta keamanan.

Robot tersebut sendiri merupakan sebuah proyek yang didanai oleh angkatan udara Amerika Serikat. Untuk membuat robot tersebut, mereka pun rela mengeluarkan uang sebesar 1 juta USD kepada para peneliti.

Para peneliti tersebut pun memilih bentuk capung karena dinilai serangga tersebut dapat bergerak secara agresif. Selain itu, mereka pun memilih capung karena merupakan salah satu predator dalam rantai makanan. Dan, jenis predator seperti capung dinilai sangat layak untuk melakukan tugas mata-mata.

Robot ini dilengkapi dengan WiFi serta 20 jenis sensor. Dan, untuk memudahkan penggunaan, para pemilik robot ini bisa memakai smartphone atau komputer untuk mengatur geakannya. Robot ini dilengkapi dengan empat sayap mekanis, motor serta baterai lithium plymer.

Robot ini pun bisa diperoleh kalangan publik. Dan, TechJet Dragonfly ini ditawarkan dengan harga sebesar $99 USD. Selain itu, pihak produsen juga menawarkan versi lain dengan harga yang lebih mahal.

Samsung kalahkan Nokia?

Tiada yang kekal di dunia ini, ya begitulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan apa yang baru saja dialami Nokia saat ini. Pasalnya setelah 14 tahun berkuasa dan digadang-gadang sebagai merek ponsel terlaris dunia, akhirnya Nokia tergelincir juga dari posisi teratas. Samsung yang menguasai pasaran smartphone dunia, dikabarkan telah mengambil alih posisi teratas yang sebelumnya pernah disandang Nokia sebagai rajanya merek ponsel top. Tidak tanggung-tanggung, ternyata Samsung kini telah berhasil meraih pangsa pasar 29 persen, atau naik dari 24 persen pada tahun lalu.

Menurut iSuppli IHS Mobile dan Wireless Communications Service, pangsa pasar Nokia telah turun menjadi 24 persen, atau turun dari 30 persen tahun lalu.


Smartphone merupakan salah satu segmen terpopular dengan pertumbuhan tercepat di pasaran ponsel dan bahkan mencapai hampir setengah dari semua penjualan handset nirkabel pada tahun 2012 ini. Keberhasilan Samsung dan perjuangan Nokia di pasaran ponsel tahun ini ditentukan sepenuhnya oleh kemampuan inovasi kedua perusahaan pada sektor smartphone.

Samsung telah melakukan strategi dan terobosan yang bagus. Berbagai model smartphone baru setiap tahun telah berhasil digulirkan. Dan hebatnya lagi, kesemuanya itu ternyata ditujukan untuk semua segmen pasar, yaitu mulai dari high end hingga low end. Dan posisi Samsung tampaknya masih satu tingkat di atas Apple.

Di lain pihak, Nokia malah masih terlalu lamban melalui proses migrasi lini smartphonenya dengan sistem operasi Windows. Terpuruknya penjualan produk ponsel berbasis Symbiannya termasuk belum berbuat banyaknya handset berbasis Microsoft Windows 7 terbarunya sejauh ini.

Secara keseluruhan, pasar smartphone diprediksi masih akan terus tumbuh tahun depan. Pada 2012 ini saja, smartphone telah meraih 59 persen pasaran ponsel. Penjualan smartphone global melonjak sebesar 35,5 persen, sedangkan penjualan ponsel secara keseluruhan naik hanya satu persen.

Samsung Target Pasarkan 500 Juta Unit Ponsel Di Tahun 2013

Sejak kesuksesannya menggungguli Apple dan Nokia sebagai pembuat smartphone terbesar di dunia, rasanya tak mengherankan kalau Samsung makin berambisi untuk memasang target yang jauh lebih besar lagi di tahun depan. Pasalnya dengan infra struktur dan sumber daya yang dimilikinya, Samsung tetap berkeyakinan untuk terus merajai singgasana pasaran smartphone dunia.

Sementara menurut berita yang dilansir oleh Korea Times, dikabarkan setidaknya akan ada 500 juta unit ponsel yang bakal dipasarkan Samsung di tahun 2013 mendatang. Adapun dengan target yang besar seperti itu, seandainya nanti bisa terealisasi dengan baik, rasanya akan benar-benar sulit khususnya bagi para pesaing Samsung untuk mengejar ketertinggalannya.
Pada tahun 2013 nanti, tampaknya Samsung masih akan terus mengembangkan jajaran produk Galaxy-nya yang berkonsentrasi pada perangkat Android. Namun kehadiran Windows Phone yang menjadi perhatian tersendiri bagi Samsung saat ini, membuat banyak analis yang memprediksi kalau Samsung nantinya bakal beralih juga untuk mengembangkan jajaran perangkat berbasis Windows Phone pada akhirnya.
Tahun 2013 dapat diperkirakan bakal menjadi tahun yang menarik bagi industri ponsel terutama persaingan kekuatan paltform antara Android, Windows Phone, Apple iOS dan BlackBerry 10. Hm, lalu bagaimana perkembangan selanjutnya? Ya, Kita lihat saja nanti!

sumber http://www.beritateknologi.com

Kepercayaan





Aku mengerti ini sangat menyakitkan..
Aku tahu ini sangat berat untuk mu..
Tapi ini sudah jalan takdir ku..
Meninggalkan sementara orang yang ku sayangi..
Aku tak pernah tau apa yg kau rasakan disana..
Aku tak pernah tau apa yg kau lakukan..
Namun sebuah kepercayaan ini telah ku tanam kan untuk dirimu..
Hanya untuk dirimu..

Percayalah sayang..
Rindu ini kupendam hanya untukmu..
Jiwa ini kutanam juga hanya untukmu..
Percayamu ada dalam hatiku..
Cintamu kan selalu mendarah dalam dagingku..
Jauhmupun tak akan membuatku mundur..
Untuk selalu mencintai dan menginginkanmu..
Selamanya hanya dirimu.

Kesetiaan Cinta Dalam Hati



Saat aku bertemu kamu..
Hatiku ini merasakan ketenangan,kesejukan.dan kesetiaan yang begitu mendalam..
Hingga membuat diriku terlelap dalam cinta..

Saat malam tiba..
Ku lihat bulan dan bintang
yang s’lalu bersinar…
Dan s’lalu menghiasi..
Gelapnya malam..

Aku s’lalu berkhayal..
Andaikan engkau menjadi bulan
dan aku yang akan menjadi bintang
yang s’lalu menghiasi gelapnya malam..
Dan s’lalu meneranggi hati ini yang penuh dengan cinta…

Bagaikan cinta sejati yang takkan
pernah terganti…
Dan engkaupun s’lalu memberikan ku
harapan…
Harapan yang begitu indah…
Yang s’lalu engkau berikan
dan aku ingin cinta kita berdua…

Abadi untuk s’lamanya..
Dan aku ingin kesetiaan ini bukanlah
sekedar kata” dari mulutmu..
Aku ingin dari hatimu yang tulus dan suci…

Nyanyian Rindu





Tiada yang lain yang ku cinta hanyalah padamu,.
Tiada yang lain yang ku rindu hanyalah dirimu,.
Dikaulah permata yang bersinar di kala ku kesepiaan,.
Tiada yang lain yang ku mau hanyalah kasihmu,.
Tiada yang lain yang ku puja hanyalah dirimu,.

Tak mungkin aku berpaling,berpaling mencari yang lain,.
Tak mungkin aku biarkan engkau merana,.
Aku cinta kepadamu sepenuh hati,.
Janganlah kau ragu kasih,ragu padaku,.
Sejujur niatku,niat bersama selama-lamanya,.


Ku nyanyikan lagu rindu buatmu kekasih..
Ku baca puisi syahdu,puisi kita..
Ku ingin kau di sampingku untuk sama-sama..
Melayarkan bahtera cinta yg terbina..

Oh,kekasih..
Dengarkanlah..
Bila aku tersiksa kaulah penawarnya..
Bila kau terluka akulah penyembuhnya..
Kita sama-sama sedang jatuh cinta..

Tetap Mencinta


Masa berlalu dan aku tetap begini
tiada perubahan tetap mencintai
menanti dan merindu
mencintai dia yang mustahil untuk kembali

Jelas sekali aku telah lenyap di benaknya
dan aku tidak mungkin hidup kembali di sanubarinya
lalu untuk apa aku mencintainya?
sedangkan penantian kekal sia-sia

Mungkin debar ini sudah mulai menghilang
tapi hati ini tetap mengatakan cinta
apakah salah aku tetap mencintainya?
biarpun hakikatnya dia tidak mungkin kembali

Kamis, 30 Mei 2013

Mengintip Dekat Isi Panti Pijat Plus

Dunia esek-esek memang tak ada habisnya untuk dikupas, apalagi di kota metropolitan seperti Jakarta. Mulai dari remangnya lampu warung pinggir jalan, hingga gemerlapnya lampu kamar hotel, semua tersedia.

Termasuk yang belakangan kembali menjadi primadona pria hidung belang, pijat plus-plus. Sudah jadi rahasia umum, bisnis prostitusi berkedok panti pijat, mulai marak di Ibu Kota. Dengan menyajikan wanita muda seksi dan berpakaian minim sebagai daya tarik, para pria hidung belang pun rela menguras kocek lebih dalam-dalam untuk menikmatinya.


Sebut saja di bilangan Mangga Besar, Jakarta Pusat, Taman Sari, Jakarta Barat dan Tebet, Jakarta Selatan, merupakan beberapa wilayah di Ibu Kota yang kerap menjadi tujuan. Lokasinya yang berada di tengah kota, dekat permukiman dan sederet dengan pusat-pusat perdagangan, menjadikan griya pijat plus-plus di beberapa wilayah tersebut selalu ramai pengunjung.

Layaknya tempat perawatan tubuh pada umumnya, hampir seluruh griya pijat plus-plus memiliki fasilitas lengkap. sauna, kolam air panas, ruang pijat dan sebagainya. perlengkapan kebersihan pun telah disediakan di sana, mulai dari handuk, celana, baju mandi hingga sabun.




Setelah puas berendam dan mandi, pelanggan langsung memilih wanita yang akan melayaninya. Siska (bukan nama sebenarnya), salah seorang pemijat atau yang akrab disebut theraphist, mengungkapkan, dirinya bisa melayani 4 hingga 5 orang per harinya. Terlebih jika menjelang akhir pekan, wanita yang baru berusia 19 tahun itu bisa melayani hingga 7 orang per hari. Waktu-waktu yang kerap menjadi jam ramai adalah pukul 19.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Ya mungkin jam-jam segitu pas lagi capek-capeknya pulang kerja, di jalan macet, mampir ke sini dulu. Kalau Minggu malah kurang, biasanya Jumat atau Sabtu sudah mulai ramai," ujarnya.

Soal harga, masing-masing griya pijat memiliki variasi. Kisarannya antara Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribu, tergantung jenis pijatan dan kualitas ruangan pijat. Sementara, untuk servis ekstra sang theraphist, tentu berbeda lagi. Pelanggan harus membayar dua kali lipat bahkan lebih kepada si theraphist.

Seperti yang dikatakan theraphist lainnya, Irene (21) (bukan nama sebenarnya). Dari griya pijat tempatnya bekerja, Irene hanya mendapat gaji Rp 10 ribu per pelanggan. Karena nominal yang kecil itu, hidupnya bergantung pada tips para pelanggan setianya. Tentunya dengan pelayanan ekstra.

"Rata-rata tamu ngasih tips Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu. Kalau sama 'main', ya nego saja. Bisa Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu," ujar Iren, yang telah menjadi theraphist selama satu tahun terakhir.

Bagi pelanggan yang hampir seluruhnya kaum Adam, faktor penat atas pekerjaan dan mencari sensasi petualangan seksual yang baru menjadi alasan mereka mencicipi pijatan para theraphist. Salah satunya Edo (26), warga Jakarta Timur. Pria yang bekerja di sebuah perusahaan ternama itu mengaku kerap menggunakan jasa para theraphist cantik di griya pijat atas barbagai alasan tersebut.

"Sensasinya itu loh, bikin saya balik ke sini lagi. Apalagi pas lagi capek-capeknya kerja, setelah dipijat rasa capeknya hilang semua," ujarnya.

Berkunjung ke griya pijat plus-plus, telah menjadi agendanya. Bersama rekan kerjanya, Edo datang dan menikmati layanan pijat plus-plus minimal satu kali tiap bulannya. Tentunya, tanpa sepengetahuan sang kekasih. Bahkan, jika bosan melanda, berbagai cara pun digunakan untuk mencari informasi, griya pijat mana di Jakarta yang memberikan pelayanan ekstra.

"Biasanya nyari-nyari di internet atau nggak dapat info dari teman, oh di sini yang bagus. Buat cari sensasi lain lagi saja," cetus Edo.

Stop Melonte
Pemerintah, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, tak menutup mata atas fenomena di masyarakat tersebut. Namun, dinas seakan tak berdaya akan maraknya bisnis prostitusi berkedok griya pijat tersebut. Pasalnya, layaknya efek balon gas, jika satu sisi di tekan, akan muncul di sisi yang lainnya.

"Pastinya kita sudah memantau. Nah, Informasi seperti ini kita tampung, kita tertibkan," ujar Arie Budiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, saat dihubungi secara terpisah.

Arie menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki peraturan perundangan yang mengatur tentang peruntukan izin usaha dan jam operasional tempat-tempat tersebut, yaitu Pasal 43 dan Pasal 44 Perda DKI Jakarta Nomor 10 tahun 2004. Jika dilanggar, berbagai sanksi mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, hingga pencabutan izin usaha, mengintai griya-griya pijat tersebut.

Realitas sosial semacam ini, kata Arie, tak mudah untuk diselesaikan. Terlebih, bisnis prostitusi 'numpang' pada sektor pariwisata sehingga sulit diberantas.

Oleh sebab itu, Dinas Parawisata dan Kebudayaan DKI berharap ada gerakan kolektif dari semua unsur, mulai dari orang tua, sekolah, pemuka agama, pihak kepolisian untuk mencegah tindakan maksiat.

"Harus ada gerakan kolektif. Misalnya kita punya gerakan stop melonte, itu kalau semua pihak konsekuen," tuturnya.

Bagaikan membasmi jamur di musim hujan, Arie menegaskan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan terus melakukan perbaikan kebijakan terkait fenomena sosial itu. Yang paling penting, lanjut Arie, pihaknya tetap memiliki komitmen, industri pariwisata Ibu Kota steril dari aktivitas prostitusi.


http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/548585-mengintip-dekat-daleman-panti-pijat-plus-yang-sensasional.html

Berzina: Mengapa remaja `menghalalkannya’?

Berzina: Mengapa remaja `menghalalkannya’?
SEKS...satu perkataan ringkas tetapi mempunyai pemahaman yang sungguh luas dan subjektif.


Di era kemajuan kini, ramai yang lebih terbuka dalam membicarakan perihal seks dari pelbagai sudut dan perspektif walaupun masih ada yang menganggap ia sesuatu yang ‘taboo’ (pantang) dan tidak manis diperkatakan, terutamanya oleh mereka yang belum berkahwin.

Lupakan sejenak perbezaan kedua-dua pendapat ini kerana realitinya, semakin ramai remaja terbabit dalam aktiviti seks luar nikah dewasa ini.

Mengikut Tinjauan Seks Sejagat Durex 2004 - membabitkan 350,000 responden dari 41 negara - secara purata, seseorang mula melakukan hubungan seks buat pertama kali - hilang dara atau teruna - antara usia 16 tahun dan 20 tahun atau purata usia 17.7 tahun.

Remaja Malaysia? Secara purata, remaja Malaysia melakukan seks kali pertama pada usia 19.3 tahun berbanding 20 tahun pada 2001 sedangkan kajian Persekutuan Persatuan-persatuan Perancangan Keluarga Malaysia (PPPKM) mendapati usia sesuai untuk berkahwin di Malaysia bagi lelaki adalah 28 tahun dan 25 tahun bagi perempuan berbanding masing-masing 21 tahun dan belasan tahun, dulu.


Sukar untuk mempercayai perkara sedemikian berlaku di kalangan masyarakat yang membesarkan anak kecil mereka dengan gambaran bahawa seks adalah satu perkara yang ‘tidak baik’ melainkan adanya ikatan perkahwinan antara dua pasangan lelaki dan perempuan.

Adakah remaja hari ini tidak menerima lagi pandangan dan `didikan’ ini hanya kerana dunia dan masyarakat semakin moden, dunia tanpa sempadan dan globalisasi yang penuh mencabar?

Tidakkah mereka memikirkan masa depan yang akan gelap jika hamil sebelum berkahwin? Apakah yang akan terjadi pada persekolahan atau kerjaya mereka? Sekolah terbiar, kerjaya tergugat.Belum lagi mengambil kira malu pada diri, keluarga dan masyarakat. Sanggup dibuang keluarga kerana menconteng arang ke muka mereka semata-mata kerana mengikut nafsu? Sanggup `dibelasah’ kerana merosakkan anak gadis orang? Pendek kata, dunia akan `tunggang-terbalik’!


Kebanyakan remaja yang terbabit dalam hubungan seks ini menyedari bahawa perbuatan mereka itu salah, tetapi rela membiarkan nafsu menguasai diri berbanding akal fikiran yang waras.


Ada juga yang terbabit dalam seks luar nikah ini memberi pelbagai alasan - seperti tekanan hidup - untuk `menghalalkan’ perbuatan mereka.

Bukan itu saja, ada yang melakukan seks oral (hubungan seks yang membabitkan mulut dan alat sulit saja) dengan anggapan bahawa ia ‘ringan’ dan tidak akan menyebabkan kehamilan.

Harus diingat, biarpun tidak menyebabkan kehamilan, ia masih berisiko untuk menyebarkan penyakit kelamin, herpes, sifilis dan hepatitis, sama seperti hubungan seks secara langsung.



Ramai remaja juga menerima perlakuan `intim’ seperti berpeluk, bercium atau seks antara pasangan kekasih, sebagai sesuatu yang normal.

Pihak berkaitan, terutama ibu bapa harus memandang serius perkara ini. Melihatkan peningkatan bilangan kelahiran anak luar nikah dan pengguguran bayi, remaja seharusnya didedahkan mengenai keburukan perbuatan ini pada fizikal, emosi, mental, sosial dan spiritual kepada pelakunya.

Pakar Psikologi dan Ketua Unit Pembangunan Penyelidikan Kesihatan, Fakulti Perubatan, Universiti Malaya, Prof Dr Sarinah Low Abdullah berkata, sesetengah ibu bapa tidak menitikberatkan pendidikan seks kepada anak-anak sehingga menyebabkan anak-anak itu berusaha mendapatkan maklumat yang ‘tidak selamat’ daripada sumber lain seperti rakan, buku, majalah, laman web atau cakera padat video (vcd) lucah.

Katanya, anak-anak ini harus diberi pendidikan nilai dan spiritual, yang akan membantu menjadi benteng menangani gejala tidak sihat.

“Tanpa nilai ini, remaja akan memudah `tergoda’ dengan pujuk rayu dan ajakan untuk melakukan perkara tidak baik kerana tiada disiplin dan prinsip yang kukuh untuk dipegang,” katanya.

Hubungan kekeluargaan yang erat juga mampu menghindarkan golongan remaja daripada melakukan perkara yang negatif dan pada masa yang sama, remaja juga harus berfikir dengan lebih rasional dan tidak terlalu terikut-ikut dengan budaya yang tidak baik.

30 peratus remaja `terjebak’... i-Kon turut menjalankan kajian mengenai isu ini. Kajian ini membabitkan 100 remaja di sekitar Kuala Lumpur dan Shah Alam, berusia lingkungan 15 tahun ke 30 tahun. Mereka ini terdiri daripada pelajar, penuntut institusi pengajian tinggi dan sebahagiannya sudah memasuki alam pekerjaan.

(Kadar maklum balas adalah 100 peratus - bermakna semua remaja yang didekati bersetuju untuk menyertai kajian ini. Peratusan kadar maklum balas penting bagi menentukan kajian ini sahih dan boleh digunakan)

Responden ini ditemui i-Kon dalam kajian yang dijalankan di pusat beli-belah, stesen pengangkutan awam dan kedai makan.

Penemuan kami, 31 peratus (31 remaja) mengaku sudah melakukan seks dan tujuh daripadanya (23 peratus daripada 31 remaja) melakukan perbuatan itu ketika belum mencecah usia 15 tahun!

Mengejutkan? Sudah pasti ya kerana di kala usia masih mentah dan kehidupan seharusnya ditumpukan untuk mencapai cita-cita, remaja ini `hanyut’ melayan nafsu atas alasan ingin tahu dan cinta.

Lebih membimbangkan apabila sebahagian besar pelajar iaitu 65 peratus membenarkan pengguguran dilakukan jika mengandung anak luar nikah.

Sikap liberal remaja ini sememangnya `menggerunkan’ dan sewajarnya membuka mata pihak berkaitan untuk melakukan sesuatu kerana ia akan mendorong kepada amalan tidak sihat.

Walaupun kajian ini tidak mewakili keseluruhan remaja di negara ini, ia setidak-tidaknya dapat memberi gambaran mengenai pandangan remaja mengenai isu seks, pemahaman dan tahap kesedaran berhubungnya.

Penemuan lain kajian i-Kon:
  • 57 peratus remaja mengaku pernah bercium, terutama dengan teman istimewa;
  • 69 peratus remaja pernah berpeluk dengan teman istimewa;
  • 80 peratus remaja berpegang tangan dengan teman istimewa;
  • 55 peratus remaja pernah menonton filem lucah;
  • 43 peratus remaja pernah melayari laman web lucah;
  • Majoriti remaja iaitu 81 peratus mendapatkan maklumat mengenai seks daripada buku dan majalah (bukan bahan bacaan lucah);
  • 72 peratus remaja mendapat maklumat seks daripada rakan;
  • Kira-kira 30 peratus ke 40 peratus remaja mendapat pengetahuan mengenai seks daripada video, majalah dan laman web lucah;
  • 59 peratus remaja bersetuju penggunaan kondom adalah antara kaedah perancangan keluarga yang berkesan;
  • Kira-kira 90 peratus remaja menganggap hubungan seks luar nikah sebagai tidak baik dan boleh menjejaskan hubungan kekeluargaan

Jim Geovedi ( hacker yang paling di takutin di dunia )

Sejak tahun 2004 sebenernya kita di Indonesia yang kita cinta ini punya hacker yang paling di takutin di dunia karena merekalah dua orang hacker yang sejak 2006 sampai 2011 dapat melakukan hack pada satelite di seluruh dunia.

Seperti VSAT dan Satelit Comercial TV Malaysia, yang artinya kalau cuma hacker biasa seperti Pembobolan kartu kredit, defece website sudah sangat kecil di mata mereka. Dia adalah Jim Geovedi
Hacker Indonesia Yang paling di takuti
Jim Geovedi
Jim Geovedi (lahir 28 Juni 1979) adalah seorang pakar keamanan teknologi informasi ternama asal Indonesia yang berfokus pada penemuan celah keamanan komputer dan jaringan dengan kekhususan sistem telekomunikasi dan satelit. BBC News menjulukinya sebagai sosok yang "tidak mirip seperti penjahat Bond... tetapi memiliki sejumlah rahasia yang akan mereka kejar habis-habisan"

Pada tahun 1998-1999, setelah lulus SMA, Geovedi menjalani kehidupan jalanan yang keras di Bandar Lampung sebagai seniman grafis. Setelah seorang pendeta memperkenalkannya dengan komputer dan internet, ia mulai belajar secara otodidak dan menelusuri ruang obrolan para peretas ternama dunia

Tahun 2001, Geovedi mendirikan C2PRO Consulting, perusahaan konsultan TI umum untuk lembaga pemerintahan. Ia juga mendirikan dan mengoperasikan perusahaan konsultan keamanan TI Bellua Asia Pacific pada tahun 2004, kemudian berubah nama menjadi Xynexis International. Ia lalu mendirikan perusahaan jasa keamanan Noosc Global pada tahun yang sama. Ketika sistem telekomunikasi nirkabel baru masuk Indonesia tahun 2003, Geovedi sudah diminta menjadi pembicara di Kuala Lumpur tentang bahaya sistem tersebut. Pada tahun 2004, ia disewa Komisi Pemilihan Umum untuk mencari tahu pelaku penjebol pusat data penghitungan suara pemilu dan berhasil.

Geovedi mengaku pernah meretas dua satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya. Saat itu ia diminta menguji sistem keamanan kontrol satelit dan melihat adanya kemungkinan untuk menggeser atau mengubah rotasinya. Ia sempat menggeser orbit satelit Cina dan membuat kliennya panik karena agak sulit mengembalikan orbit suatu satelit. Dengan bahan bakar ekstra, satelit tersebut akhirnya berhasil dikembalikan ke jalurnya. Tetapi untuk satelit Indonesia, Geovedi mengaku hanya mengubah rotasinya saja.

Saat ini ia menetap di London dan sering diwawancarai tentang sistem keamanan satelit, keamanan perbankan, dan penegakan hukum. Dalam wawancara dengan Deutsche Welle, Geovedi mengatakan bahwa dengan kemampuannya, ia bisa mengendalikan jaringan Internet di seluruh Indonesia, mengalihkan lalu lintas datanya,mengamati lalu lintas data yang keluar masuk,dan memodifikasi semua transaksi keuangan,namun ia tidak tertarik melakukannya.Media sering menyebutnya sebagai contoh orang-orang yang terkenal di industri IT dengan mengandalkan otaknya saja tanpa gelar akademik.Geovedi juga seorang DJ dan produser musik profesional.Saat ini ia terikat kontrak dengan Elektrax Recordings,sebuah label musik techno yang berpusat di Sydney.

Asal Usul Manusia

ASAL-USUL MANUSIA

Asal usul manusia telah menjadi bahan perdebatan di segala zaman. Sebagian kitab-kitab kepercayaan manusia, menjelaskan bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan. Berbagai tulisan kuno Babilonia dan Mesir juga menegaskan hal yang sama, meskipun cara penciptaan yang ditulis sedikit bervariasi, isu ini menjadi semakin populer bagi orang modern seiring dengan berkembangnya teori evolusi, yang dipelopori oleh Charles Darwin lewat bukunya Origin of the Species pada tahun 1859. Pemegang teori ini memang memiliki pandangan yang sedikit beragam, namun secara umum teori evolusi bisa dipahami sebagai pandangan yang menyatakan bahwa manusia berasal dari suatu proses evolusi yang panjang, dimulai dari zat yang paling sederhana sampai terbentuknya makhluk yang sangat kompleks yang disebut “manusia”. Keberadaan zat hidup pertama ini biasanya dipahami sebagai hasil dari sebuah peristiwa alam yang kebetulan dan tiba-tiba. Proses yang diperlukan untuk evolusi ini bisa memakan waktu berjuta-juta tahun.

Benarkah bumi sudah berusia jutaan tahun? Benarkah manusia merupakan hasil evolusi yang panjang? Bagian ini hanya akan menganalisa teori evolusi berkaitan dengan “penciptaan” manusia. Banyak orang secara sadar atau tidak sadar cenderung bersikap berat sebelah pada waktu membandingkan kitab dengan ilmu pengetahuan. Mereka seringkali melihat kebenaran kitab sebagai sebuah kebenaran yang subjektif dan sulit dibuktikan, sedangkan penemuan ilmu pengetahuan sifatnya objektif, tanpa prasangka dan bisa dibuktikan. Kecenderungan ini tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja. Dalam hidup ini banyak hal yang kita terima begitu saja sebagai sebuah kebenaran tanpa kita perlu mengujinya terlebih dahulu. Coba pikirkan pertanyaan ini: “Mengapa kita berani menyetir mobil/sepeda motor di jalanan tanpa kuatir kita akan mengalami kecelakaan?” Bukankah keberanian tersebut disebabkan keyakinan kita bahwa pengendara lain adalah orang yang tidak terganggu kejiwaannya, memiliki kemampuan mengendarai dengan baik dan memahami peraturan lalu lintas? Semua keyakinan ini tidak pernah kita buktikan sebelumnya, tetapi kita menerimanya begitu saja. Begitu pula dengan dunia ilmu pengetahuan dan teologi.

Ilmu pengetahuan mengasumsikan adanya keteraturan gejala alam. Sama seperti teologi, ilmu pengetahuan juga memiliki ruang tertentu yang menuntut kepercayaan atau iman dari orang yang menerima kebenaran tersebut. Bagaimana dengan teori evolusi? Sebelum menganalisa secara detil, kita perlu mewaspadai kesalahan istilah yang begitu sering kita gunakan. Paham evolusi sebenarnya tidak layak disebut sebagai “teori”, karena pandangan ini belum terbukti secara ilmiah. Paham ini lebih tepat disebut sebagai sebuah hipotesa (dugaan ilmiah yang masih memerlukan pembuktian). Lebih jauh daripada itu, hukum alamiah dan penemuan modern ilmu pengetahuan justru bertentangan dengan paham evolusi. Tidak heran, sebagian besar pakar ilmu pengetahuan yang ateis (tidak percaya adanya Tuhan) sekarang bahkan mencari solusi lain untuk menjelaskan misteri keberadaan manusia.

Berikut ini adalah beragam argumen yang membuktikan bahwa hipotesa evolusi bukanlah sebuah kebenaran, bahkan menurut kaca mata ilmu pengetahuan sekalipun. Manipulasi data fosil. Sejak pandangan evolusi bergulir para ahli semakin giat mencari berbagai fosil dengan harapan menemukan “mata rantai yang hilang” yang bisa menjelaskan transisi dari binatang ke manusia atau dari suatu tahapan evolusi ke tahapan yang lain. Setelah berjalan puluhan dekade, mata rantai yang hilang itu tidak pernah ditemukan. Sebagian dari mereka terpaksa memanipulasi data dan melebih-lebihkannya supaya mendapatkan rekonstruksi kerangka makhluk hidup kuno yang mendukung evolusi. Berikut ini adalah beberapa “penipuan” ilmiah sehubungan dengan keberadaan fosil-fosil yang diduga sebagai mata rantai yang hilang.

Ø Manusia Piltdown: hasil rekayasa rekonstruksi yang menggabungkan sebuah rahang kera dengan tengkorak manusia, kemudian diberi warna yang sama.

Ø Manusia Jawa: para ahli modern menolak istilah ini. Mereka meyakini bahwa yang terjadi sebenarnya hanyalah seorang manusia dan kera ditemukan di tempat yang sama. Fosilfosil keduanya kemudian direkonstruksi menjadi “manusia Jawa purba” yang dipercaya menjadi mata rantai dari binatang ke manusia.

Ø Manusia Peking: alat-alat dan tulang-tulang manusia ditemukan di dekat kera-kera yang otaknya dimakan manusia (orang di daerah tersebut memang memiliki kebiasaan memakan otak kera).

Ø Lucy: ia diklasifikasi ulang sebagai salah satu jenis kera yang sudah punah.

Ø Ramapithecus: sebuah rahang dan geligi-geligi yang akhirnya dinyatakan bukan berasal dari manusia, melainkan dari orang utan.

A. PROSES PERKEMBANGAN MANUSIA

Proses kehamilan adalah proses dimana bertemunya sel telur dengan sel sperma hingga terjadi pembuahan. Proses kehamilan (gestasi) berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Usia kehamilan sendiri adalah 38 minggu, karena dihitung mulai dari tanggal konsepsi (tanggal bersatunya sperma dengan telur), yang terjadi dua minggu setelahnya. Dalam dunia kedokteran, proses kehamilan dibagi menjadi tiga fase sesuai dengan pertumbuhan fisik bayi. Masing-masing fase tersebut disebut trimester.

A. Periode Germinal (Minggu 0 – 3)

Proses pembuahan telur oleh sperma yang terjadi pada minggu ke-2 dari hari pertama menstruasi terakhir. Telur yang sudah dibuahi sperma bergerak dari tuba fallopi dan menempel ke dinding uterus (endometrium).

B. Periode Embrio (Minggu 3 – 8 )

Proses dimana sistem syaraf pusat, organ-organ utama dan struktur anatomi mulai terbentuk seperti mata, mulut dan lidah mulai terbentuk, sedangkan hati mulai memproduksi sel darah. Janin mulai berubah dari blastosis menjadi embrio berukuran 1,3 cm dengan kepala yang besar

C. Periode Fetus (Minggu 9 – 12)

Periode dimana semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkaitan dan aktivitas otak sangat tinggi.
Trimester kedua (Minggu 12 – 24)

Pada minggu ke-18 kita bisa melakukan pemeriksaan dengan ultrasongrafi (USG) untuk mengecek kesempurnaan janin, posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar. Jaringan kuku, kulit dan rambut berkembang dan mengeras pada minggu ke 20 – 21. Indera penglihatan dan pendengaran janin mulai berfungsi. Kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup. Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang 30 cm.
Trimester ketiga (24 -40)

Dalam trimester ini semua organ tubuh tumbuh dengan sempurna. Janin menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi seperti menendang atau menonjok serta dia sudah memiliki periode tidur dan bangun. Masa tidurnya jauh lebih lama dibandingkan masa bangun. Paru-paru berkembang pesat menjadi sempurna. Pada bulan ke-9 ini , janin mengambil posisi kepala di bawah dan siap untuk dilahirkan. Berat bayi lahir berkisar antara 3 -3,5 kg dengan panjang 50 cm.

B. APAKAH MANUSIA MODERN MERUPAKAN HASIL EVOLUSI?

Sebagaimana kita sudah mengetahui sebelumnya, bahwa Teori Evousi merupakan sebuah teori kontroversial yang dikenal dekembangkan secara spesifik oleh Sir Charles Darwin.Menurut sejarah, Charles Darwin juga mengutik teori ini dari ilmuwan-ilmuwan Biologi sebelumnya.

Evolusi secara sederhana didefinisikan sebagai perubahan pada sifat-sifat atau frekuensi gen suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi selanjutnya, perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Walaupun demikian, definisi “evolusi” juga sering kali ditambahkan dengan klaim-klaim berikut ini:
Perbedaan pada komposisi sifat-sifat antara populasi-polulasi yang terisolasi selama beberapa generasi dapat mengakibatkan munculnya spesies baru.
Semua organisme yang hidup sekarang merupakan keturunan dari nenek moyang yang sama.

Mengingat manusia merupakan makhluk khusus di bumi ini, maka asal usul manusia bukanlah persoalan sepele dan remeh. Apabila pendekatan Teori Evolusi ini diterapkan benar-benar bahwa manusia adalah makhluk yang terjadi secara evolusi, apalagi evolosi terjadi dari kera.

Sekarang yang menjadi pertanyaan kita, kalu memang evolusi itu terjadi,Apakah kita menemukan manusia di kutub utara? Pada musim dingin kita perlu pakaian untuk melindungi kita. Mengapa manusia tidak berevolusi dengan lapisan kulit pelindung untuk menahan suhu? Tanpa pakaian yang tepat kita pasti akan mati beku dalam suhu dingin atau kulit kita akan terbakar pada temperatur panas. Dan kalau memang manusia berasal dari kera, kenapa kera sampai sekarang masih ada dan kenapa nelum menjadi manusia juga?

Kesimpulan kita bahwa manusia itu di ciptakan oleh Tuhan dan teori evolusi hanyalah kebohongan atau mungkin kesalahan pemikiran orang pada zaman dahulu. Kita sebagai umat beragama, jangan sampai percaya pada teori evolusi yang telah menipu semua umat manusia.

Trik mempercepat FireFox

· Pada address bar ketik about:config dan klik enter. Jika keluar tombol I’ll be careful, I promise! klik saja.

· Klik kanan di layar Firefox yang Anda lihat (dimana saja di bawah Preference Name) kemudian arahkan mouse pada new lalu integer.

· Pada kotak dialog New integer value - Enter the preference name isi dengan nglayout.initialpaint.delay. lalu saat kotak dialog lain muncul isi nilainya (value) dengan 0 (nol).

· Pada Filter Bar (Filter:) letaknya ada di bawah tab yg Anda buka ketik pipelining.

· Klik dua kali (double klik) pada tulisan network.http.pipelining agar settingannya berubah menjadi true.

· Lalu klik dua kali (double klik) pada network.http.pipelining.maxrequests setelah keluar kotak dialognya isi dengan nomor antara 10 hingga 30. Saya sendiri mengisi 30 untuk lebih maksimal.

· Beres dan restart Firefox Anda.

IPX/SPX

IPX/SPX atau Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data

Penjelasan :

IPX (bahasa Inggris: Internetwork Packet Exchange) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh sistem operasi Novell NetWare pada akhir dekade 1980an hingga pertengahan dekade 1990an. IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless), seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan protokol TCP/IP. Selain membutuhkan protokol IPX, Novell Netware juga membutuhkan protokol tingkat tinggi bernama Sequenced Packet Exchange (SPX) dan Network Control Protocol (NCP). Protokol ini diturunkan oleh Novell dari protokol IDP yang terdapat di dalam Xerox Network Services.

IPX digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari satu titik di dalam jaringan ke titik lainnya melalui sebuah internetwork. IPX beroperasi di lapisan jaringan (lapisan ketiga pada model OSI), dan dapat digunakan di dalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan protokol lapisan data-link lainnya. IPX memang dahulu pernah digunakan pada Local Area Network (LAN) berbasis Novell NetWare sebelum akhirnya Novell menggantinya dengan TCP/IP saat merilis NetWare 5.x. Sebelum diganti dengan TCP/IP, protokol ini merupakan protokol yang sangat populer.

Pada awalnya, penggunaan IPX sangatlah banyak, sebelum munculnya Internet booming pertengahan dekade 1990an. Pada saat itu, komputer dan jaringan komputer dapat menjalankan beberapa protokol jaringan, sehingga hampir semua jaringan berbasis IPX juga menjalankan TCP/IP untuk mengizinkan konektivitas Internet. Sebelum versi NetWare 5.x IPX merupakan protokol yang wajib, akan tetapi, pada versi 5.x atau yang lebih baru, Novell mengizinkan penggunanya untuk menjalankan NetWare tanpa IPX.

[sunting] Pengalamatan IPX

Node-node IPX memiliki skema pengalamatan sebagai berikut:
Jaringan-jaringan logis diberi alamat 32-bit bilangan heksadesimal dengan jangkauan dari 0x00000001 hingga 0xFFFFFFFE. Alamat ini dinamakan juga dengan alamat jaringan (network address).
Setiap host memiliki alamat node-nya masing-masing, yang secara default-nya diatur ke alamat MAC yang digunakan oleh kartu jaringan yang digunakan oleh node tersebut. Alamat node pun ditambahkan ke alamat jaringan untuk membuat tanda pengenal unik untuk host-host di dalam jaringan.

Persamaannya dengan IP

Alamat jaringan IPX, secara konsep, mirip dengan alamat IP, yakni pada bagian network identifier dari total panjang 32-bit alamat IP (bagian alamat IP dengan bit subnet mask-nya diset ke angka 1). Mengingat alamat node menggunakan alamat MAC dari kartu jaringan yang digunakan, maka protokol Address Resolution Protocol (ARP) pun tidak dibutuhkan.

Saat melakukan routing, entri-entri di dalam tabel routing IPX juga sama dengan tabel routing IP, yakni routing dilakukan dengan menggunakan alamat jaringannya, dan setiap alamat jaringan, format network:node digunakan, dengan cara yang sama dengan format alamat IP/subnet mask yang digunakan di dalam tabel routing IP.

[sunting] IPX melalui Ethernet

IPX juga dapat ditransmisikan melalui teknologi Ethernet dengan menggunakan empat buah jenis enkapsulasi, sebagai berikut:
IEEE 802.3, yang digunakan dalam sistem-sistem yang lama dan melibatkan data IPX yang dimulasi secara langsung setelah header frame IEEE 802.3.
IEEE 802.2 (Novell)
IEEE 802.2 (SNAP).
Ethernet II.

MRTG (the Multi Router Traffic Grapher)







MRTG (the Multi Router Traffic Grapher) Adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau beban trafik pada link jaringan. MRTG akan membuat halaman HTML yang berisi gambar GIF yang mengambarkan trafik melalui jaringan secara harian, mingguan, bulanan dan tahunan. MRTG dibuat oleh Tobias Oetiker menggunakan Perl dan C dan tersedia untuk sistim operasi UNIX dan Windows NT.

Penjelasan :

J HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). [1]
Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi ( ISO 8879 ) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML ( Standard Generalized Markup Language ).

ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML

J Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desainwebsite. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.[1]

J Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Dukungan terhadap pemrograman berbasis obyek (object oriented programming/OOP) ditambahkan pada Perl 5, yang pertama kali dirilis pada tanggal 31 Juli 1993. Proyek pengembangan Perl 6 dimulai pada tahun 2000, dan masih berlangsung hingga kini tanpa tanggal yang jelas kapan mau dirilis. Ini dikatakan sendiri oleh Larry Wall[1] dalam satu pidatonya yang dikenal dengan seri The State of the Onion.

Dua di antara karakteristik utama Perl adalah penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaiakn persoalan-persoalan umum. Tidak heran jika Perl sangat populer digunakan dalam program-program CGI (Common Gateway Interface) dan berbagai protokol Internet lainnya. Seperti diketahui, TCP/IP sebagai basis bagi semua protokol Internet yang dikenal sekarang ini menggunakan format teks dalam komunikasi data. Seperti juga bahasa populer lainnya, Perl menerima banyak kritikan. Meski banyak di antaranya hanya berupa mitos, atau berlebih-lebihan, tapi terdapat juga sejumlah kritikan yang valid. Salah satunya adalah, sintaksnya susah dibaca, karena banyak menggunakan simbol-simbol yang bukan huruf dan angka.

J Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.

J Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platformmikroprosesor, dimulai dari Intel 80x86 (hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment CorporationAlpha AXP (dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuat oleh pihak ketiga, Intergraph). Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80x86, Intel IA64 dan AMD64 (atau x64), sementara platform lainnya tidak didukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosessor tersebut.


Internet Protocol Suite



Internet Protocol Suite adalah seperangkat protokol komunikasi yang digunakan untuk Internet dan jaringan serupa lainnya. Hal ini umumnya juga dikenal sebagai TCP / IP yang bernama dari dua protokol yang paling penting di dalamnya: Transmisi Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP), yang merupakan protokol jaringan pertama dua didefinisikan dalam standar ini. Modern IP networking merupakan sintesis dari beberapa perkembangan yang mulai berkembang pada 1960-an dan 1970-an, yaitu internet dan jaringan area lokal, yang muncul selama tahun 1980-an, bersama dengan munculnya World Wide Web pada awal 1991

Internet Protocol Suite terdiri dari empat lapisan abstraksi. Dari terendah ke lapisan tertinggi, ini adalah Link Layer, Internet Layer, Transport Layer, dan Application Layer [1] [2] Lapisan menetapkan cakupan jangkauan operasional atau protokol pada lapisan masing-masing, tercermin. Longgar dalam nama layer. Setiap lapisan memiliki fungsi yang memecahkan serangkaian masalah yang relevan dalam lingkup.
Link Layer berisi teknologi komunikasi untuk jaringan lokal host tersambung langsung, link. Ini menyediakan fungsi konektivitas dasar berinteraksi dengan perangkat keras jaringan komputer dan manajemen terkait pesan antarmuka-untuk-interface. Layer Internet menyediakan metode komunikasi antara beberapa link dari sebuah komputer dan memfasilitasi interkoneksi jaringan. Dengan demikian, lapisan ini menetapkan Internet. Ini berisi terutama Internet Protocol, yang mendefinisikan ruang nama pengalamatan mendasar, Internet Protocol Version 4 (IPv4) dan Internet Protocol Version 6 (IPv6) digunakan untuk mengidentifikasi dan menemukan host pada jaringan. Langsung host-to-host tugas komunikasi akan ditangani dalam Transport Layer, yang memberikan kerangka umum untuk mengirimkan data antara host dengan menggunakan protokol seperti Transmission Control Protocol dan User Datagram Protocol (UDP). Akhirnya, Permohonan tingkat tertinggi Layer berisi semua protokol yang ditetapkan masing-masing khusus untuk fungsi array luas layanan data komunikasi. Lapisan ini menangani aplikasi berbasis interaksi pada tingkat proses-proses untuk berkomunikasi antara host Internet

Common Protokol







Common Protokol dari Jaringan

Protokol memainkan peran penting dalam lingkungan jaringan sekarang dalam artikel ini kita akan membahas singkat tentang daftar protokol yang digunakan dalam sebuah lingkungan jaringan.

Protokol NetBEUI

Ini adalah transportasi lapisan protokol yang dikembangkan oleh jaringan NETBIOS. Jenis ini tidak routable karena fakta itu tidak nt memiliki peran untuk bermain di lingkungan perusahaan, Tapi itu adalah protokol yang paling tercepat, Its benar-benar ideal dan menyediakan lebih cepat transmisi satu-satunya kelemahan iin NetBEUI itu tidak dapat digunakan pada jaringan routed.

Keuntungan dari NetBEUI
Kecepatan
Melindungi dari kesalahan
Mudah untuk melaksanakan
Mengurangi Memori

Kerugian dari NetBEUI
Tidak bisa menaklukkan
Tidak kompatibel dengan aplikasi lintas platform
Kurang alat bantu pemecahan masalah

TCP / IP

Ini adalah protokol yang paling populer digunakan dalamJaringan apakah itu jaringan yang lebih besar atau kecil orang percaya protokol ini. Popularitas ini diperoleh karena pertumbuhan eksponensial dari internet.

Keuntungan dari protokol TCP / IP

The Nature tcp / ip protokol cukup mudah beradaptasi dan memberikan dukungan Cross Platform
Wide Span daerah
Fantastic kemampuan routing
Mendukung SNMP, DHCP, WINS protokol

AppleTalk

Appletalk adalah protokol lain yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer MAC. Ini membantu untuk menyimpan file dan akses pada klien Mac di server NT, printer. Anda perlu menginstal Macintosh sebelum Anda menginstal protokol apel bicara, It s hanya tersedia dari partisi NTFS

APPC
Advanced Program-to-Program Communication (APPC) protokol, itu telah dikembangkan oleh IBM, protokol P2P perusahaan yang digunakan dalam IBM Sistem Jaringan

X.25

Ini adalah protokol luas ini terutama digunakan di packet switching networks.It membantu untuk menghubungkan komputer remote ke mainframe. Itu dibuat untuk terhubung terminal remote ke mainframe.Protokol ini sangat populer di Eropa.

HDLC

HDLC adalah protokol yang fleksibel yang didasarkan pada link kontrol sinkron data IBM dan dapat mendukung transmisi setengah atau full duplex, circuit-atau packet switched network, dapat mendukung peer to peer, client server / jaringan topologi , semua transmisi baik dari kabel atau nirkabel.

XNS
Protokol ini diciptakan oleh XEROX untuk memfasilitasi jaringan Ethernet, ini adalah Novell IPX / SPX berbasis, jarang digunakan dalam jaringan saat ini.


PXE BOOT

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PXE BOOT ?

PXE adalah singkatan dari Preboot Execution Environment. PXE adalah salah satu cara menjalankan komputer tanpa Floppy/Hard Disk/CD-ROM, dalam arti bahwa BIOS akan secara otomatis menjalankan perintah yang dikirimkan melalui jaringan. Tentu saja cara ini membutuhkan server yang bertindak sebagai penyedia layanan PXE dan komputer client harus memiliki kemampuan booting melalui jaringan.

Sebagian besar motherboard baru memiliki fasilitas Boot from LAN secara default. Boot from LAN biasa dikenal juga sebagai BOOTROM. Kita harus mengaktifkan kemampuan Boot from LAN ini melalui BIOS setup. Proses setup mungkin saja berbeda antara motherboard yang satu dengan yang lainnya namun biasanya terletak di menu Advanced BIOS setup. Aktifkan juga setting agar Boot from LAN/Network sebagai prioritas utama booting.

APA KEUNTUNGAN DARI INSTALASI MELALUI PXE BOOT ?
Tidak memerlukan CD/DVD/Floppy/LiveUSB maupun sistem yang sudah terinstall. Satu-satunya yang diperlukan adalah server yang sudah disetup dan klien mendukung boot dari LAN.
Mudah dan cepat dikonfigurasi
Tidak membutuhkan media untuk booting. Tidak perlu burning Net ISO untuk melakukan booting.
Mengurangi biaya instalasi dan upgrade dan mengurangi kemungkinan kesalahan setting
Mengurangi waktu persiapan dan proses instalasi

MEMPERSIAPKAN TFTP SERVER

TFTP Server merupakan singkatan dari Trivial File Transport Protocol (TFTP), model protokol untuk file transfer yang sederhana, dengan fungsi utama bertindak sebagai FTP server.

Kita akan menggunakan TFTP Server sebagai media melakukan booting berdasarkan data dari server jaringan.

1. Install TFTP Server

2.Lakukan konfigursi TFTP Server. Klik YAST | Network Services | TFTP Server



3.Pilih Enable, dan ubah Boot Image Directory menjadi /srv/tftpboot.

Jika menggunakan firewall, jangan lupa untukmemberikan tanda centang

/contreng pada pilihan Open Port in Firewall.



4. Klik OK

Coba check ke folder /srv/tftpboot, semestinya ada file dan folder tertentu.

CATATAN : Pada openSUSE 11.3, ada kemungkinan proses setup TFTP tidak secara otomatis melalukan copy data syslinux ke lokasi yang dituju sehingga ada kemungkinan folder /srv/tftpboot masih kosong. Jika ini yang terjadi, lakukan 2 hal sebagai berikut :
Copy file /usr/share/syslinux/pxelinux.0 ke /srv/tftpboot
Buat folder /srv/tftpboot/pxelinux.cfg

MEMPERSIAPKAN KONFIGURASI DHCP SERVER

DHCP(Dynamic Host Configuration Protocol) diperlukan untuk memberikan IP Address dan rujukan mengenai PXE Server yang akan digunakan oleh klien. Berikut adalah panduan konfigurasinya

1. Install DHCP Serve

2. Backup konfigurasi awal DHCP Server

3. Buat file /etc/dhcpd.conf baru dengan isi sebagai berikut :

# dhcpd.conf

#

# Sample configuration file for ISC dhcpd

## option definitions common to all supported networks...

#

# All of this happens behind the firewall, and the whole domain

# is made-up anwyay, so this is mostly fluff.

#

option domain-name "malayin.net";



# We don't have Nameservers... so let's just forget this item

#option domain-name-servers ns1.networkboot.org, ns2.networkboot.org;



default-lease-time 600;

max-lease-time 7200;



# if you do not use dynamical DNS updates:

#

# this statement is needed by dhcpd-3 needs at least this statement.

# you have to delete it for dhcpd-2, because it does not know it.

#

# if you want to use dynamical DNS updates, you should first read

# read /usr/share/doc/packages/dhcp-server/DDNS-howto.txt

ddns-update-style none; ddns-updates off;



# If this DHCP server is the official DHCP server for the local

# network, the authoritative directive should be uncommented.

#authoritative;



# Use this to send dhcp log messages to a different log file (you also

# have to hack syslog.conf to complete the redirection).

log-facility local7;



# We only want to respond to PXE DHCP requests



allow booting;



# define rules to identify DHCP Requests from PXE and Etherboot clients.



class "pxe" {

match if substring (option vendor-class-identifier, 0, 9) = "PXEClient";

}

class "etherboot" {

match if substring (option vendor-class-identifier, 0, 9) = "Etherboot";

}



# This is our subnet for PXE boot/installation.



subnet 192.168.0.0 netmask 255.255.255.0 {

option broadcast-address 192.168.0.255;

pool {

range 192.168.0.101 192.168.0.150; # only need a few addresses

default-lease-time 180; # no long lease time required for booting

max-lease-time 360; # booted system does its own dhcp request

server-name "192.168.0.8"; # This happens to be the IP of this server too

next-server 192.168.0.8; # Address of the TFTP server

filename "pxelinux.0";

allow members of "pxe"; # only respond to PXE requests

allow members of "etherboot"; # allow etherboot, too

}

}

4. Edit file /etc/sysconfig/dhcpd dan aktifkan network card yang akan digunakan untuk

menerima respon permintaan DHCP.Contoh, jika saya menggunakan LAN Card pertama sebagai

penerima respon, saya akan memilih eth0. Jika bingung,silakan pilih ANY.

5. Start/Restart DHCP Service dengan perintah

service dhcpd start.


KRIPTOGRAFI

KRIPTOGRAFI

1. 1 Latar belakang

Berkat perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi/data secara jarak jauh. Antar kota antar wilayah antar negara bahkan antar benua bukan merupakan suatu kendala lagi dalam melakukan komunikasi dan pertukaran data. Seiring dengan itu tuntutan akan sekuritas (keamanan) terhadap kerahasiaan informasi yang saling dipertukarkan tersebut semakin meningkat. Begitu banyak pengguna seperti departemen pertahanan, suatu perusahaan atau bahkan individu-individu tidak ingin informasi yang disampaikannya diketahui oleh orang lain atau kompetitornya atau negara lain. Oleh karena itu dikembangkanlah cabang ilmu yang mempelajari tentang cara-cara pengamanan data atau dikenal dengan istilah Kriptografi.

Dalam kriptografi terdapat dua konsep utama yakni enkripsi dan dekripsi. Enkripsi adalah proses dimana informasi/data yang hendak dikirim diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu. Dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk tersamar tersebut menjadi informasi awal.

Algoritma kriptografi berdasarkan jenis kunci yang digunakan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

· Algoritma simetris

Dimana kunci yang digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi adalah kunci yang sama

· Algoritma asimetris

Dimana kunci yang digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi menggunakan kunci yang berbeda.

Sedangkan berdasarkan besar data yang diolah dalam satu kali proses, maka algoritma kriptografi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

· Algoritma block cipher

Informasi/data yang hendak dikirim dalam bentuk blok-blok besar (misal 64-bit) dimana blok-blok ini dioperasikan dengan fungsi enkripsi yang sama dan akan menghasilkan informasi rahasia dalam blok-blok yang berukuran sama.

· Algoritma stream cipher

Informasi/data yang hendak dikirim dioperasikan dalam bentuk blok-blok yang lebih kecil (byte atau bit), biasanya satu karakter persatuan persatuan waktu proses, menggunakan tranformasi enkripsi yang berubah setiap waktu.

Camellia merupakan algoritma kriptografi simetris blok cipher. Dalam Camellia proses enkripsi dan dekripsi dilakukan pada blok data berukuran 128-bit dengan kunci yang dapat berukuran 128-bit, 192-bit, 256-bit. Algoritma Camellia dikembangkan oleh :
Kazumaro Aoki (NTT - Nippon Telegraph and Telephone Corp.)
Tetsuya Ichikawa (Mitsubishi electric Corp.)
Masayuki Kanda (NTT – Nippon Telegraph and Telephone Corp.)
Mitsuru Matsui (Mitsubishi electric Corp.)
Shiho Moriai (NTT – Nippon Telegraph and Telephone Corp.)
Junko Nakajima (Mitsubishi electric Corp.)
Toshio Tokita (Mitsubishi electric Corp.)

Dimana versi 1.0 pada bulan Juli 2000, versi 2.0 pada September 2001 dan versi 2.1 pada Febuari 2002.

II Kriptografi

2. 1 Dasar Kriptografi

2. 1. 1 Teori Kriptografi

Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Menurut Bruce Scheiner dalam bukunya "Applied Cryptography", kriptografi adalah ilmu pengetahuan dan seni menjaga message-message agar tetap aman (secure).

Konsep kriptografi sendiri telah lama digunakan oleh manusia misalnya pada peradaban Mesir dan Romawi walau masih sangat sederhana. Prinsip-prinsip yang mendasari kriptografi yakni:

· Confidelity (kerahasiaan) yaitu layanan agar isi pesan yang dikirimkan tetap rahasia dan tidak diketahui oleh pihak lain (kecuali pihak pengirim, pihak penerima / pihak-pihak memiliki ijin). Umumnya hal ini dilakukan dengan cara membuat suatu algoritma matematis yang mampu mengubah data hingga menjadi sulit untuk dibaca dan dipahami.

· Data integrity (keutuhan data) yaitu layanan yang mampu mengenali/mendeteksi adanya manipulasi (penghapusan, pengubahan atau penambahan) data yang tidak sah (oleh pihak lain).

· Authentication (keotentikan) yaitu layanan yang berhubungan dengan identifikasi. Baik otentikasi pihak-pihak yang terlibat dalam pengiriman data maupun otentikasi keaslian data/informasi.

· Non-repudiation (anti-penyangkalan) yaitu layanan yang dapat mencegah suatu pihak untuk menyangkal aksi yang dilakukan sebelumnya (menyangkal bahwa pesan tersebut berasal dirinya).

Berbeda dengan kriptografi klasik yang menitikberatkan kekuatan pada kerahasiaan algoritma yang digunakan (yang artinya apabila algoritma yang digunakan telah diketahui maka pesan sudah jelas "bocor" dan dapat diketahui isinya oleh siapa saja yang mengetahui algoritma tersebut), kriptografi modern lebih menitikberatkan pada kerahasiaan kunci yang digunakan pada algoritma tersebut (oleh pemakainya) sehingga algoritma tersebut dapat saja disebarkan ke kalangan masyarakat tanpa takut kehilangan kerahasiaan bagi para pemakainya.

Berikut adalah istilah-istilah yang digunakan dalam bidang kriptografi :
Plaintext (M) adalah pesan yang hendak dikirimkan (berisi data asli).
Ciphertext (C) adalah pesan ter-enkrip (tersandi) yang merupakan hasil enkripsi.
Enkripsi (fungsi E) adalah proses pengubahan plaintext menjadi ciphertext.
Dekripsi (fungsi D) adalah kebalikan dari enkripsi yakni mengubah ciphertext menjadi plaintext, sehingga berupa data awal/asli.
Kunci adalah suatu bilangan yang dirahasiakan yang digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsi.

Kriptografi itu sendiri terdiri dari dua proses utama yakni proses enkripsi dan proses dekripsi. Seperti yang telah dijelaskan di atas, proses enkripsi mengubah plaintext menjadi ciphertext (dengan menggunakan kunci tertentu) sehingga isi informasi pada pesan tersebut sukar dimengerti.

Peranan kunci sangatlah penting dalam proses enkripsi dan dekripsi (disamping pula algoritma yang digunakan) sehingga kerahasiaannya sangatlah penting, apabila kerahasiaannya terbongkar, maka isi dari pesan dapat diketahui.

Secara matematis, proses enkripsi merupakan pengoperasian fungsi E (enkripsi) menggunakan e (kunci enkripsi) pada M (plaintext) sehingga dihasilkan C (ciphertext), notasinya :

Ee(M) – C

Sedangkan untuk proses dekripsi, merupakan pengoperasian fungsi D (dekripsi) menggunakan d (kunci dekripsi) pada C (ciphertext) sehingga dihasilkan M (plaintext), notasinya :

Dd(C) = M

Sehingga dari dua hubungan diatas berlaku :

Dd(Ee(M)) = M

2. 1. 2 Algoritma Simetris dan Asimetris

2. 1. 2. 1 Algoritma Simetris

Algoritma simetris (symmetric algorithm) adalah suatu algoritma dimana kunci enkripsi yang digunakan sama dengan kunci dekripsi sehingga algoritma ini disebut juga sebagai single-key algorithm.

Sebelum melakukan pengiriman pesan, pengirim dan penerima harus memilih suatu suatu kunci tertentu yang sama untuk dipakai bersama, dan kunci ini haruslah rahasia bagi pihak yang tidak berkepentingan sehingga algoritma ini disebut juga algoritma kunci rahasia (secret-key algorithm).

Kelebihan :

· Kecepatan operasi lebih tinggi bila dibandingkan dengan algoritma asimetrik.

· Karena kecepatannya yang cukup tinggi, maka dapat digunakan pada sistem real-time

Kelemahan :

· Untuk tiap pengiriman pesan dengan pengguna yang berbeda dibutuhkan kunci yang berbeda juga, sehingga akan terjadi kesulitan dalam manajemen kunci tersebut.

· Permasalahan dalam pengiriman kunci itu sendiri yang disebut “key distribution problem”

Contoh algoritma : TwoFish, Rijndael, Camellia

2. 1. 2. 2 Algoritma Asimetris

Algoritma asimetris (asymmetric algorithm) adalah suatu algoritma dimana kunci enkripsi yang digunakan tidak sama dengan kunci dekripsi. Pada algoritma ini menggunakan dua kunci yakni kunci publik (public key) dan kunci privat (private key). Kunci publik disebarkan secara umum sedangkan kunci privat disimpan secara rahasia oleh si pengguna. Walau kunci publik telah diketahui namun akan sangat sukar mengetahui kunci privat yang digunakan.

Pada umumnya kunci publik (public key) digunakan sebagai kunci enkripsi sementara kunci privat (private key) digunakan sebagai kunci dekripsi.

Kelebihan :

· Masalah keamanan pada distribusi kunci dapat lebih baik

· Masalah manajemen kunci yang lebih baik karena jumlah kunci yang lebih sedikit

Kelemahan :

· Kecepatan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan algoritma simetris

· Untuk tingkat keamanan sama, kunci yang digunakan lebih panjang dibandingkan dengan algoritma simetris.

Contoh algoritma : RSA, DSA, ElGamal

2. 1. 3 Block Cipher dan Stream Cipher

Jika kita melihat berdasarkan ukuran serta format data yang akan diproses, maka algoritma kriptografi dapat dibagi menjadi dua bagian yang utama yaitu:

· Block Cipher, algoritma kriptografi ini bekerja pada suatu data yang berbentuk blok/kelompok data dengan panjang data tertentu (dalam beberapa byte), jadi dalam sekali proses enkripsi atau dekripsi data yang masuk mempunyai ukuran yang sama.

· Stream cipher, algoritma yang dalam operasinya bekerja dalam suatu pesan berupa bit tunggal atau terkadang dalam suatu byte, jadi format data berupa aliran dari bit untuk kemudian mengalami proses enkripsi dan dekripsi.

Pada algoritma penyandian blok (block cipher), plainteks yang masuk akan diproses dengan panjang blok yang tetap yaitu n, namun terkadang jika ukuran data ini terlalu panjang maka dilakukan pemecahan dalam bentuk blok yang lebih kecil. Jika dalam pemecahan dihasilkan blok data yang kurang dari jumlah data dalam blok maka akan dilakukan proses pading (penambahan beberapa bit).

2. 2 Mode Operasi dalam Block Cipher

\2. 2. 1 Electronic Codebook (ECB)

Pada mode operasi ECB sebuah blok input plaintext dipetakan secara statis ke sebuah blok output ciphertext. Sehingga tiap plaintext yang sama akan menghasilkan ciphertext yang selalu sama pula. Sifat- sifat dari mode operasi ECB :

· Sederhana dan efisien
Memungkinkan implementasi parallel
Tidak menyembunyikan pola plaintext
Dimungkinkan terjadi adanya active attack.

Cipher Block Chaining (CBC)

Pada mode oparasi ini hasil enkripsi dari blok sebelumnya mempengaruhi hasil enkripsi selanjutnya, atau enkripsi sebeluimnya menjadi feedback pada enkripsi blok saat itu., jadi tiap blok ciphertext bergantung bukan hanya pada blok plaintext-nya tapi bergantung pula pada blok-blok plaintext sebelumnya. Sehingga untuk plaintext yang sama, belum tentu menghasilkan ciphertext yang sama pula.

Mula-mula sebelum si pengirim hendak mengirimkan pesannya kepada si penerima, dia terlebih dahulu harus meng-XOR plaintext dengan IV (initialization vector) baru kemudian dienkripsi, setelah itu baru dikirimkan ciphertext pertamanya kepada si penerima. Plaintext ke-2 pun demikian, harus di-XOR terlebih dahulu dengan ciphertext sebelumnya sebelum mengalami proses enkripsi baru kemudian dikirimkan ke si penerima sebagai ciphertext 2 dan seterusnya.

Sifat-sifat dari mode operasi CBC :

· Lebih aman dari active attacks dibandingkan mode operasi ECB

· Error pada satu ciphertext dapat berakibat parah

· Menutupi pola plaintext

· Implementasi parallel belum diketahui


TCP

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasidata yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack

Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.

Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.


Arsitektur

Arsitektur TCP/IP diperbandingkan dengan DARPA Reference Model danOSI Reference Model

Arsitektur TCP/IP tidaklah berbasis model referensi tujuh lapis OSI, tetapi menggunakan model referensi DARPA. Seperti diperlihatkan dalam diagram, TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis. Empat lapis ini, dapat dipetakan (meski tidak secara langsung) terhadap model referensi OSI. Empat lapis ini, kadang-kadang disebut sebagai DARPA Model, Internet Model, atau DoD Model, mengingat TCP/IP merupakan protokol yang awalnya dikembangkan dari proyek ARPANET yang dimulai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Setiap lapisan yang dimiliki oleh kumpulan protokol (protocol suite) TCP/IP diasosiasikan dengan protokolnya masing-masing. Protokol utama dalam protokol TCP/IP adalah sebagai berikut:

§ Protokol lapisan aplikasi: bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan masih banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atauNetBIOS over TCP/IP (NetBT).

§ Protokol lapisan antar-host: berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

§ Protokol lapisan internetwork: bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).

§ Protokol lapisan antarmuka jaringan: bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).


PengalamatanProtokol TCP/IP menggunakan dua buah skema pengalamatan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah komputer dalam sebuah jaringan atau jaringan dalam sebuah internetwork, yakni sebagai berikut:

§ Pengalamatan IP: yang berupa alamat logis yang terdiri atas 32-bit (empat oktet berukuran 8-bit) yang umumnya ditulis dalam format www.xxx.yyy.zzz. Dengan menggunakansubnet mask yang diasosiasikan dengannya, sebuah alamat IP pun dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni Network Identifier (NetID) yang dapat mengidentifikasikan jaringan lokal dalam sebuah internetwork dan Host identifier (HostID) yang dapat mengidentifikasikan host dalam jaringan tersebut. Sebagai contoh, alamat 205.116.008.044 dapat dibagi dengan menggunakan subnet mask 255.255.255.000 ke dalam Network ID 205.116.008.000 dan Host ID 44. Alamat IP merupakan kewajiban yang harus ditetapkan untuk sebuah host, yang dapat dilakukan secara manual (statis) atau menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) (dinamis).

§ Fully qualified domain name (FQDN): Alamat ini merupakan alamat yang direpresentasikan dalam nama alfanumerik yang diekspresikan dalam bentuk <nama_host>.<nama_domain>, di mana <nama_domain> mengindentifikasikan jaringan di mana sebuah komputer berada, dan <nama_host> mengidentifikasikan sebuah komputer dalam jaringan. Pengalamatan FQDN digunakan oleh skema penamaan domain Domain Name System (DNS). Sebagai contoh, alamat FQDN id.wikipedia.org merepresentasikan sebuah host dengan nama "id" yang terdapat di dalam domain jaringan "wikipedia.org". Nama domain wikipedia.org merupakan second-level domain yang terdaftar di dalamtop-level domain .org, yang terdaftar dalam root DNS, yang memiliki nama "." (titik). Penggunaan FQDN lebih bersahabat dan lebih mudah diingat ketimbang dengan menggunakanalamat IP. Akan tetapi, dalam TCP/IP, agar komunikasi dapat berjalan, FQDN harus diterjemahkan terlebih dahulu (proses penerjemahan ini disebut sebagai resolusi nama) ke dalam alamat IP dengan menggunakan server yang menjalankan DNS, yang disebut dengan Name Server atau dengan menggunakan berkas hosts (/etc/hosts atau%systemroot%\system32\drivers\etc\hosts) yang disimpan di dalam mesin yang bersangkutan

Berikut ini adalah layanan tradisional yang dapat berjalan di atas protokol TCP/IP:

§ Pengiriman berkas (file transfer). File Transfer Protocol (FTP) memungkinkan pengguna komputer yang satu untuk dapat mengirim ataupun menerima berkas ke sebuah host di dalam jaringan. Metode otentikasi yang digunakannya adalah penggunaan nama pengguna (user name) dan password'', meskipun banyak juga FTP yang dapat diakses secaraanonim (anonymous), alias tidak berpassword. (Keterangan lebih lanjut mengenai FTP dapat dilihat pada RFC 959.)

§ Remote login. Network terminal Protocol (telnet) memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan log in ke dalam suatu komputer di dalam suatu jaringan secara jarak jauh. Jadi hal ini berarti bahwa pengguna menggunakan komputernya sebagai perpanjangan tangan dari komputer jaringan tersebut. (Keterangan lebih lanjut mengenai Telnet dapat dilihat pada RFC 854 dan RFC 855.)

§ Computer mail. Digunakan untuk menerapkan sistem surat elektronik. (Keterangan lebih lanjut mengenai e-mail dapat dilihat pada RFC 821RFC 822.)

§ Network File System (NFS). Pelayanan akses berkas-berkas yang dapat diakses dari jarak jauh yang memungkinkan klien-klien untuk mengakses berkas pada komputer jaringan, seolah-olah berkas tersebut disimpan secara lokal. (Keterangan lebih lanjut mengenai NFS dapat dilihat RFC 1001 dan RFC 1002.)

§ Remote execution. Memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan suatu program tertentu di dalam komputer yang berbeda. Biasanya berguna jika pengguna menggunakan komputer yang terbatas, sedangkan ia memerlukan sumber yg banyak dalam suatu sistem komputer.

Ada beberapa jenis remote execution, ada yang berupa perintah-perintah dasar saja, yaitu yang dapat dijalankan dalam system komputer yang sama dan ada pula yg menggunakan sistem Remote Procedure Call (RPC), yang memungkinkan program untuk memanggil subrutin yang akan dijalankan di sistem komputer yg berbeda. (sebagai contoh dalam Berkeley UNIX ada perintah rsh dan rexec.)

§ Name server yang berguna sebagai penyimpanan basis datanama host yang digunakan pada Internet (Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada RFC 822 dan RFC 823 yang menjelaskan mengenai penggunaan protokol name server yang bertujuan untuk menentukan nama host di Internet.)
Request for Comments

RFC (Request For Comments) merupakan standar yang digunakan dalam Internet, meskipun ada juga isinya yg merupakan bahan diskusi ataupun omong kosong belaka. Diterbitkan oleh IAB yang merupakan komite independen yang terdiri atas para peneliti dan profesional yang mengerti teknis, kondisi dan evolusi Internet. Sebuah surat yg mengikuti nomor RFC menunjukan status RFC :

§ S: Standard, standar resmi bagi internet

§ DS: Draft standard, protokol tahap akhir sebelum disetujui sebagai standar

§ PS: Proposed Standard, protokol pertimbangan untuk standar masa depan

§ I: Informational, berisikan bahan-bahan diskusi yg sifatnya informasi

§ E: Experimental, protokol dalam tahap percobaan tetapi bukan pada jalur standar.

§ H: Historic, protokol-protokol yg telah digantikan atau tidak lagi dipertimbankan utk standarisasi.
Bagaimanakah bentuk arsitektur dari TCP/IP itu ?

Dikarenakan TCP/IP adalah serangkaian protokol di mana setiap protokol melakukan sebagian dari keseluruhan tugas komunikasi jaringan, maka tentulah implementasinya tak lepas dari arsitektur jaringan itu sendiri. Arsitektur rangkaian protokol TCP/IP mendifinisikan berbagai cara agar TCP/IP dapat saling menyesuaikan.

Karena TCP/IP merupakan salah satu lapisan protokol Model OSI, berarti bahwa hierarki TCP/IP merujuk kepada 7 lapisan OSI tersebut. Tiga lapisan teratas biasa dikenal sebagai "upper level protocol" sedangkan empat lapisan terbawah dikenal sebagai "lower level protocol". Tiap lapisan berdiri sendiri tetapi fungsi dari masing-masing lapisan bergantung dari keberhasilan operasi layer sebelumnya. Sebuah lapisan pengirim hanya perlu berhubungan dengan lapisan yang sama di penerima (jadi misalnya lapisan data link penerima hanya berhubungan dengan lapisan data link pengirim) selain dengan satu layer di atas atau di bawahnya (misalnya lapisan network berhubungan dengan lapisan transport di atasnya atau dengan lapisan data link di bawahnya).

Model dengan menggunakan lapisan ini merupakan sebuah konsep yang penting karena suatu fungsi yang rumit yang berkaitan dengan komunikasi dapat dipecahkan menjadi sejumlah unit yang lebih kecil. Tiap lapisan bertugas memberikan layanan tertentu pada lapisan diatasnya dan juga melindungi lapisan diatasnya dari rincian cara pemberian layanan tersebut. Tiap lapisan harus transparan sehingga modifikasi yang dilakukan atasnya tidak akan menyebabkan perubahan pada lapisan yang lain. Lapisan menjalankan perannya dalam pengalihan data dengan mengikuti peraturan yang berlaku untuknya dan hanya berkomunikasi dengan lapisan yang setingkat. Akibatnya sebuah layer pada satu sistem tertentu hanya akan berhubungan dengan lapisan yang sama dari sistem yang lain. Proses ini dikenal sebagai Peer process. Dalam keadaan sebenarnya tidak ada data yang langsung dialihkan antar lapisan yang sama dari dua sistem yang berbeda ini. Lapisan atas akan memberikan data dan kendali ke lapisan dibawahnya sampai lapisan yang terendah dicapai. Antara dua lapisan yang berdekatan terdapat interface (antarmuka). Interface ini mendifinisikan operasi dan layanan yang diberikan olehnya ke lapisan lebih atas. Tiap lapisan harus melaksanakan sekumpulan fungsi khusus yang dipahami dengan sempurna. Himpunan lapisan dan protokol dikenal sebagai "arsitektur jaringan".

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:

§ IP versi 4 (IPv4)

§ IP versi 6 (IPv6)